Rate This
Quantcast
Doa Istikharoh dalam HR. Shahih Bukhari (No. 612 versi terjemahan ringkasan Shahih Bukhari)

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللهِ صل الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا الْاِسْتِخَارَةَ فِي الْاُمُورِ كَمَا يُعَلِّمُنَا اسُّوْرَةَ مِنَ الْقُرْآنِ يَقُوْلُ اِذَا هَمَّ اَحَدُ كُمْ بِاالْاَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيْضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ  فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَاَقْدِرُ وَتَعْللَمُ وَلاَاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَاالْاَمْرَخَيْرٌلِى فِى دِيْنِى وَمَعَا شِ وَعَاقِبَةِ اَمْرِى  اَوْقَالَ عَاجِلِ اَمْرِى وَآجِلِهِ فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَاالْاَمْرَشَرُّلِى فِى دِيْنِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِاَمْرِ اَوْقَالَ فِى عَاجِلِ اَمْرِى وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِافْرِفْنِى عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ اَرْضِنِى قَالَ وَيُسَمِّى حَاجَتَهُ

Dari Jabir bin Abdullah r.a. berkata, “Rasulullah saw mengajarkan kami Istikharoh untuk segala urusan sebagaimana Beliau mengajarkan kepada kami Surat dari Al Quran. Beliau bersabda, “Apabila seseorang dari kalian hendak ada urusan maka shalatlah dua raka’at yang bukan fardhu, kemudian membaca doa: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan Ilmu-Mu, dan aku mohon kuasa kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan aku meminta kepada-Mu karunia-Mu yang Maha Agung. Maka sesungguhnya Engkau Maha Kuasa sedangkan aku tidaklah kuasa, dan Engkau Maha Tahu sedangkan aku tidak mengetahui, dan Engkau Maha Mengetahui yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau Mengetahui bahwa urusan ini baik untukku dalam Agamaku, Penghidupanku, dan Akibat kesudahannya, maka kuasakanlah aku kepadanya, dan mudahkan ia untukku, kemudian berikanlah berkah kepadaku di dalam urusan tersebut. Dan jika Engkau Mengetahui bahwa urusan ini buruk untukku dalam Agamaku, Penghidupanku dan Akibat kesudahannya, maka singkirkanlah ia dariku dan jauhkan aku darinya, kemudian tukarkanlah bagiku yang lebih baik daripadanya, kemudian ridhailah dia bagiku.